Abstrak Makalah Seminar Sesi Paralel

Model penemuan pembelajaran  Geometri Datar berbantu Media Tangram

untuk Membentuk Karakter Matematis. 

Drs. Yuli Witanto, M.Pd1

2PGSD TEGAL FIP UNNES

Email  : yuliw64@gmail.com

Disampaikan pada Seminar Nasional Serentak Se Indonesia dalam Rangka Dies Natalis Unnes ke 51 dengan tema : “Akselerasi Inovasi Pendidikan Dalam Membentuk Karakter Bangsa”,  pada tanggal 30 Maret 2016.

Pemahaman anak tentang konsep bangun datar dapat dikembangkan melalui model penemun berbantu media tangram.  Pada tahap awal model penemuan, guru membahas tentang media tangram dan secara interaktif anak-anak diminta mengamati dan memanipulasi dengan cara membandingkan potongan tangram yang satu dengan potongan lainnya. Tahap ini merupakan tahap stimulus.  Pada tahap problem statement guru menyampaikan pernyataan bentuk geometri apa yang akan dibentuk dari potongan-potongan tangram yang ditentukan. Dengan dilengkapi media-media yang diperlukan,  anak-anak melakukan pengumpulan potongan-potongan tangram yang diperlukan (tahap data collection) .  Pada tahap data processing, anak-anak memanipulasi potongan-potongan tangram yang dibutuhkan untuk membentuk bangun tertentu. Hasil yang diperoleh oleh setiap kelompok, dipresentasikan pada kelas. Pada kegiatan ini anak-anak diminta untuk memperhatikan keteraturan pada hasil bangun yang terbentuk. Tanyakan pada anak-anak, apakah masih ada bentuk yang sama dengan susunan potongan tangram yang berbeda? Tahap ini merupakan tahap pemeriksaan atau verifikasi. Apakah benar bahwa ada beberapa konstruksi untuk membentuk segitiga dari ketujuh potongan tangram?            Pada tahap generalisasi, arahkan siswa pada kesimpulan bahwa potongan-potongan tangram dapat membentuk bangun-bangun datar yang konveks seperti segitiga, segiempat dengan berbagai bentuk.  Melalui model penemuan  berbantu media tangram, diharapkan anak-anak akan  suka terhadap geometri, mampu membedakan berbagai bentuk, mengembangkan perasaan intuitif terhadap bentuk-bentuk dan relasi-relasi geometri, mengembangkan kemampuan rotasi spasial, mengembangkan kemampuan dalam memanipulasi bentuk, dan  mempelajari benda-benda geometri yang kongruen.

Kata kunci : Model Penemuan, Pembelajaran bangun datar, Tangram

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s