Kajur buka Seminar Nasional

Tegal, 4 Desember 2012.

Bertempat di GOR PGSD Tegal, Kajur PGSD (Dra. Hartati, M.Pd) membuka kegiatan Seminar Nasional Pendidikan yang diikuti oleh dosen, mahasiswa, guru mitra dan umum. Dalam sambutannya beliau berharap agar seminar ini berguna bagi dosen, mahasiswa, guru mitra untuk lebih memahami penerapan pembelajaran yang berbasis karakter. Menurut pembicara utama, Prof. Udin Syaefudin Sa;ud, P.hd karakter yang dibangun adalah karakter yang mulia. Negara Kesatuan Republik Indonesia yang luas dan penuh potensi ini haruslah dibangun dan dikembangkan oleh insan-insan Indonesia yang beriman dan taqwa, berkarakter mulia, cerdas, unggul, dan kompetitif. Hasil evaluasi Bank Dunia(1995) mereview bahwa faktor penentu keunggulan suatu bangsa ditentukan oleh inovasi dan kreativitas(45%), jejaring (25 %), teknologi (20 %), dan sumber alam (10%). Guru memiliki posisi strategis dalam pendidikan karakter bangsa yang mulia. Guru mempunyai peran pengembang program, pengelola dan pelaksana pembelajaran, penilai, dan teladan yang kokoh dalam pembentukan karakter mulia generasi masa depan bangsa yang cerdas, unggul, dan kompetitif.

Karakter dan Pendidikan Karakter

Karakter adalah ciri khas kepribadian, sikap dan perilaku keseharian seseorang sebagai akumulasi dari pembawaan, kebiasaan, dan proses pendidikan yang diikuti, sehingga menjadi ciri khas yang membedakan dengan orang lain. Karakter seseorang terbentuk melalui aktivitas keseharian dalam proses pendidikan di sekolah, kehidupan di rumah, dan kehidupan di masyarakat.

Pendidikan karakter merupakan serangkaian aktifitas yang sistematis, terarah, dan terpadu dalam proses pembelajaran individu/kelompok melalui kegiatan pembiasaan, pembimbingan, pemodelan, dan fasilitasi perilaku peserta didik dalam kehidupan keseharian yang sesuai dengan norma, nilai, tatakrama, dan falsafah bangsa serta tradisi masyarakat.

Tujuan Pokok Pendidikan Karakter Mulia Bagi Anak Usia Pendidikan Dasar

1) Meletakan dasar-dasar perilaku dan karakter yang kokoh sebagai pribadi maupun anggota masyarakat untuk menghadapi berbagai perubahan dalam kehidupan peserta didik di masa depan;
2) Membiasakan perilaku dan ucapan yang sesuai dan diterima berbagai pihak dalam kegiatan sosial kemasyarakatan;
3) Membangun kemampuan “self discipline” yang adaptif bagi siswa sesuai dengan karakter bangsa untuk hidup layak dan terhormat
Strategi yang Efektif dalam Proses Pendidikan Karakter di Pendidikan Dasar
1) Substansi dan materi pendidikan karakter harus diintegrasikan ke dalam semua mata pelajaran melalui berbagai bentuk pengintegrasian yang sesuai dengan materi/bahan ajar dari setiap mata pelajaran;
2) Pembiasaan dan keteladanan (modeling) dari pendidik dalam berbagai situasi dan kegiatan belajar merupakan “keniscayayan”;
3) Proses dan hasil belajar pendidikan karakter harus diukur dengan observasi dan portofolio yang berkelanjutan;
4) Kemitraan dengan orang tua dan berbagai lembaga kemasyarakatan merupakan aspek yang sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan karakater mulia bagi anak usia pendidikan dasar.
Fungsi Strategis Guru dalam Pendidikan Karakter Mulia
1) Mengidentifikasikan kebutuhan dan potensi dominan peserta didik sebagai dasar untuk pengembangan program pembelajaran pendidikan karakter mulia;
2) Mengembangkan program belajar/substansi pendidikan karakter mulia secara terpadu ke dalam semua mata pelajaran atau mata pelajaran yang diampunya;
3) Membelajarkan peserta dididk secara reguler melalui pembimbingan, pembiasaan dan keteladanan dalam keseluruhan proses pembelajaran;
4) Melakukan evaluasi yang reguler dan berkelanjutan terhadap perkembangan perilaku peserta didik dalam berbagai kondisi sosial di sekolah;
5) Membangun kemitraan yang harmonis dengan orang tua peserta didik dalam mensupervisi perilaku anak di luar sekolah.

Sambutan Kajur sekaligus membuka kegiatan seminar

Sambutan Kajur sekaligus membuka kegiatan seminar

Presentasi lengkap dapat didownload di link halaman Seminar-akademik.
Berikut aktivitas

Paduan Suara Mhs Smt 5

Paduan Suara Mhs Smt 5

Salah seorang peserta seminar mengajukan pertanyaan

Salah seorang peserta seminar mengajukan pertanyaan

Coffe break

Coffe break

Dialog Kajur dengan teman sejawat

Dialog Kajur dengan teman sejawat

Peserta seminar paralel di Ruang 2

Peserta seminar paralel di Ruang 2

Seminar paralel di Ruang 2
Seminar paralel di Ruang 2
Seminar paralel Ruang 1

Seminar paralel Ruang 1

Presentasi Utama

Presentasi Utama

Cinderamata untuk pembicara utama
Cinderamata untuk pembicara utama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s