Outdoor Mahtematics Pembelajaran Matematika SD 2

Rabu, 27 Juni 2012.

Dalam rangka membekali mahasiswa sebagai calon guru SD khususnya dalam pembelajaran matematika, mahasiswa Rombel 4C melaksanakan aplikasi salah satu model pembelajaran di luar kelas. Topik yang dilakukan adalah mengukur tinggi objek dengan menggunakan alat bantu klinometer. Pengukuran tinggi objek tersebut dilakukan dengan mengukur sudut elevasi objek yang diukur dan mengukur jarak pengamat ke objek. Dari kedua data tersebut dapat ditentukan tinggi objek, setelah dibuat suatu segitiga dengan menggunakan ukuran sudut yang telah diperoleh dan ukuran perbandingan atau skala yang mewakili jarak objek dengan pengamat. Dari model segitiga yang diperoleh akan dapat ditentukan tinggi objek yang ditentukan. Kegiatan ini didasarkan pada aplikasi kompetensi dasar pecahan, desimal, persen, dan perbandingan serta kompetensi dasar pengukuran, khususnya pengukuran sudut.

Outdoor Matematik yaitu  adalah pembelajaran matematika yang dilakukan diluar kelas, dengan memanfaatkan lingkungan luar kelas sebagai sumber belajar. pembelajaran matematika luar kelas, sebaiknya dilakukan secara berkelompok(coorperative). agar memudahkan guru dalam melakukan kontrol terhadap kelancaran belajar dan kemudahan siswa dalam menerima apa yang disampaikan oleh guru.

Langkah-langkah pembelajaran Matematika luar kelas  dalam pembelajaran mata kuliah ini addalah :

  1. Kegiatan awal adalah membentuk kelompok
  2. Merancang aktivitas kelompok. Memberikan pengarahan data apa yang harus diperoleh dilapangan/luar kelas pada waktu kegiatan.
  3. Merancang kegiatan pendahuluan yang terdiri dari menyebutkan tujuan pembelajaran, menyebutkan manfaat apa yang dipelajari dan menentukan tugas masing-masing kelompok.
  4. Merancang kegiatan pengembangan meliputi mahasiswa secara berkelompok melaksanakan tugas yang diberikan, Dosen membimbing dan memotivasi mahasiswa dalam setiap kelompok, mahasiswa bersama dosen membahas hasil kerja kelompok dan diakhir pembelajaran dosen  memberikan penguatan secara klasikal.
  5. Merancang kegiatan penerapan yang merupakan tahap evaluasi bagi mahasiswa, karena mahasiswa mengerjakan soal secara individu.
  6. Tahap penutup, Secara klasikal dosen menekankan materi-materi penting yang baru dipelajari mahasiswa dan memberikan penugasan  kepada mahasiswa.

Objek yang akan diukur tingginya adalah tinggi tiang bendera, tinggi pohon palm raja, dan pohon lain dihalaman kampus.

Berikut beberapa kegiatan :

Mendiskusikan hasil pengukuran dan mempersiapkan laporan

Mendiskusikan hasil pengukuran

Mengarahkan lubang pengamat klinometer ke puncak objek

Menggunakan roll meter untukk mengukur jarak pengamat ke objek

objek II

Objek I

Objek III

Diskusi hasil pengukuran

Mengukur sudut elevasi puncak pohon palm raja

Mengukur sudut elevasi

Penjelasan penggunaan klinometer
Penjelasan penggunaan klinometer untuk menentukan sudut elevasi suatu objek

penjelasan penggunaan klinometer

Mengukur sudut elevasi

Mengukur jarak objek dengan pengamat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s